Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Pura Terbesar di Bali, Intip Keindahan Pura Besakih yang Kaya akan Filosofi

Husna Rahmayunita Sabtu, 28 November 2020 | 07:40 WIB

Pura Terbesar di Bali, Intip Keindahan Pura Besakih yang Kaya akan Filosofi
Umat Hindu merayakan Hari Raya Galungan di tengah situasi aktifitas Gunung Agung pada level siaga di Pura Besakih, Karangasem, Bali, Rabu (1/11).

Pura ini dikenal sebagai sebagai pura Ibu atau mother temple.

SuaraBali.id - Tidak lengkap rasanya saat berkunjung ke Bali tapi tidak punya dokumentasi di Pura Besakih yang ikonik.

Pura Besakih menjadi pura terbesar di Bali dan dikenal sebagai pura Ibu (mother temple).

Lokasinya berada di lereng Gunung Agung, Desa Besakih, Kecamatan Rendang Kabupaten Karangasem, Bali.

Konon tidak ada bangunan yang boleh melebihi tingginya Pura Utama Besakih, sehingga tak heran menjadi pusat kegiatan berbagai upacara agama Hindu yang sangat sakral. Di sana terdapat 1 pura utama terbesar dan 18 pura pendamping. 

Keberadaannya yang menjadi autentik dari bagian khas Bali, membuat objek wisata ini menjadi sangat populer di kalangan wisatawan dan menempati deretan objek wisata di Bali yang wajib dikunjungi. 

Nah, untuk kamu yang ingin mengunjungi Pura Besakih, bisa menggunakan jasa pemandu. Selain untuk menghindari salah arah juga agar pengunjung bisa lebih maksimal menikmati keindahan pura, dan mengenal sejarah akan berdirinya pura Besakih tersebut.

Pura Besakih. (Suara.com/Silfa)
Pura Besakih. (Suara.com/Silfa)

Konsep pembangunan pura Besakih yang eye catching sedari jauh, membuat wisatawan tidak lelah berhenti berfoto di tiap sudutnya.

Ada saja spot dan sudut yang bikin takjub sedari bawah hingga atas. Menaiki ratusan anak tangga dan mengelilingi berhektare-hektare Pura Besakih dibuat tidak terasa karena pangling dengan keindahan sekitar.

Made, guide, menuturkan, Pura Besakih mengekspresikan tentang Tri Hita Kirana yang menjadi kepercayaan penting umat Hindu Bali  yang mana kehidupan di dunia fana ini harus selaras, harmonis dan berkesinambungan antara kehidupan manusia dengan alam, antar sesamanya dan Tuhan. Sehingga kehidupan manusia di dunia menjadi damai, tentram dan tenang.

"Mengunjungi objek wisata pura Besakih tentu ada beberapa hal yang perlu ketahui mulai dari etika serta pantangan-pantangan mengunjungi sebuah objek wisata pura," katanya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait