Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Studi: Pakai Masker saat Olahraga Ternyata Aman!

Angga Roni Priambodo | Fita Nofiana Kamis, 19 November 2020 | 14:21 WIB

Studi: Pakai Masker saat Olahraga Ternyata Aman!
Ilustrasi masker (Unsplash)

Meskipun pakai masker membuat berkeringat atau tidak nyaman, namun masker tidak mengganggu fungsi paru-paru atau asupan oksigen.

SuaraBali.id - Anggapan berolahraga menggunakan masker akan mengurangi pasokan oksigen membuat beberapa orang khawatir. Padahal sebuah studi menunjukkan bahwa memakai masker tidak menurunkan kadar okasigen meskipun Anda sedang berolahraga berat.

Melansir dari Insider, meskipun pakai masker membuat berkeringat atau tidak nyaman, namun masker tidak mengganggu fungsi paru-paru atau asupan oksigen. Hal ini dinyatakan oleh penelitian baru yang diterbitkan dalam Annals of the American Thoracic Society.

Peneliti dari beberapa universitas ini meninjau lebih dari 70 studi yang terkait dengan efek berbagai masker pada pernapasan selama aktivitas fisik.

Mereka tidak menemukan bukti bahwa masker kain dan masker bedah secara signifikan mengganggu fungsi paru-paru seseorang atau mengurangi kadar oksigen bahkan selama berolahraga. Selain itu, ada kasus orang yang terbiasa memakai masker untuk olahraga intensitas tinggi tanpa efek sakit.

"Efek memakai masker pada pernapasan seringkali terlalu kecil untuk dideteksi," kata Dr. Susan Hopkins, penulis pertama studi dan profesor kedokteran dan radiologi di Fakultas Kedokteran Universitas California San Diego.

Para peneliti bahkan menemukan masker dengan tingkat perlindungan dan penyaringan yang lebih tinggi seperti respirator N95 tidak berbahaya bagi orang yang berolahraga.

Tim UC San Diego juga menemukan bahwa tidak ada bukti efek merusak pada fungsi jantung dan paru-paru, aliran darah ke otak atau kadar oksigen darah.

Meskipun begitu, orang dengan penyakit paru-paru yang parah harus berbicara dengan dokter sebelum berolahraga dengan masker. Sementara pada orang sehat, tanpa memandang usia atau jenis kelamin dapat memakai masker selama berolahraga dengan hanya efek kecil pada fungsi pernapasan dan kadar oksigen.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait