Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Sejarah Berdiri Muhammadiyah, Pernah Dipimpin Amien Rais

Pebriansyah Ariefana Rabu, 18 November 2020 | 14:16 WIB

Sejarah Berdiri Muhammadiyah, Pernah Dipimpin Amien Rais
Logo Muhammadiyah

Muhammadiyah menjadi organisasi massa Islam paling besar kedua di Indonesia setelah NU.

SuaraBali.id - Sejarah Muhammadiyah berjalan panjang sudah 108 tahun. Rabu (18/11/2020) hari in Milad Muhammadiyah ke-108 tahun.

Banyaknya masyarakat muslim di Indonesia, tentu saja menjadi salah satu alasan berdirinya organisasi Islam di negara ini, seperti Nadlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah. Nah, kedua organisasi ini tentunya mempunyai sejarah dan latar belakang yang berbeda.

Selain lini masa media sosial dibanjiri dengan ucapan selamat, publik juga tertarik mengetahui sejarah berdirinya Muhammadiyah.

Agama Islam merupakan salah satu agama yang banyak dianut oleh masyarakat Indonesia. Bahkan, Indonesia menjadi negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, lho.

Berikut akan dijelaskan sejarah berdirinya Muhammadiyah yang digagas oleh K.H. Ahmad Dahlan.

Sejarah Berdirinya Muhammadiyah

Ketua PBNU Said Aqil Siradj dan Ketua PP Muhammadiyah Haedar Nashir di Jakarta (Suaramuhammadiyah)
Ketua PBNU Said Aqil Siradj dan Ketua PP Muhammadiyah Haedar Nashir di Jakarta (Suaramuhammadiyah)

Salah satu organisasi berbasis agama Islam yang terbesar di Indonesia, yaitu Muhammadiyah, didirikan pada 18 November 1912. Muhammadiyah ini didirikan oleh K.H. Ahmad Dahlan di Kampung Kauman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Nama organisasi ini diambil dari nama Nabi Muhammad SAW, sehingga Muhammadiyah juga dapat dikenal sebagai orang-orang yang menjadi pengikut Rasulullah. Organisasi Muhammadiyah ada untuk mendukung gerakan K.H. Ahmad Dahlan melalui kegiatan dakwah di kalangan masyarakat.

Selain untuk memurnikan ajaran Islam, tujuan Muhammadiyah lainnya yaitu mencakup berbagai hal untuk mewujudkan masyarakat Islam yang sebenar-benarnya. Dengan begitu, seluruh masyarakat muslim yang ada di Indonesia dapat menjalankan ajaran Islam yang sesungguhnya sesuai dengan syariat. Terutama syariat Islam sesuai dengan ajaran Nabi Muhammad SAW yang menjadi tauladan bagi seluruh umat muslim.

Faktor lain yang menjadi latar belakang berdirinya organisasi Islam Muhammadiyah ini tidak lain adalah pengaruh paham modern dari masa kolonial.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait