Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Canggih! Pemilihan Ketua OSIS SMAN Blahbatuh 1 Gianyar Pakai e-Voting

Husna Rahmayunita Selasa, 13 Oktober 2020 | 15:58 WIB

Canggih! Pemilihan Ketua OSIS SMAN Blahbatuh 1 Gianyar Pakai e-Voting
Ilustrasi e-voting. (Pixabay/Pexels)

Ia mengatakan Blasman menyelenggarakan pemilihan ketua OSIS layaknya Pemilu.

SuaraBali.id - Pemandangan berbeda terlihat saat proses pemilihan ketua OSIS di SMA N Blahbatuh, Gianyar, Bali. Pemilihan kali dilakukan melalui e-voting.

Pihak sekolah Blasman --julukan SMA N Blahbatuh-- melakukan terobosan baru dengan memanfaatkan teknologi informasi yang tersedia. Pesta demokrasi di sekolah pun terlaksana secara digital.

Pemilihan ketua OSIS tersebut dilaksanakan baru-baru ini. Kepala SMA 1 Blahbatuh, I Ketut Sulatra lantas menjelaskan inovasi yang di sekolahnya tersebut.

Ia mengatakan Blasman menyelenggarakan pemilihan ketua OSIS layaknya pemilahan umum (pemilu).

Proses tersebut diawali dengan pembentukan panitia pemilihan, sosialisasi, debat pasangan calon hingga pemungutan suara. Semua dilaksanakan dengan mengandalkan aplikasi zoom dan media sosial lainnya.

"Debat pasangan calon dilakukan secara virtual Minggu, 12 Oktober lalu secara virtual lewat zoom dan live instagram," ujarnya seperti dikutip dari Beritabali.com (jaringan Suara.com).

Saat proses debat para pasangan calon mengemukakan visi misi dan gagasan yang diuji oleh para panelis yang berasal dari Pembina OSIS dan perwakilan BLASIKA (Blasman Ikatan Alumni). Debat berlangsung hampir 2 jam.

I Ketut Sulatra menjelaskan, pemilihan OSIS mirip Pemilu ini untuk memberikan pendidikan demokrasi sekaligus mengenalkan tahapan pemilu ke peserta didik.

Pemilihan Ketua OSIS di SMA N Blahbatu Gianyar. (dok.Beritabali.com/ist)
Pemilihan Ketua OSIS di SMA N Blahbatu Gianyar. (dok.Beritabali.com/ist)

Lantaran di tengah pandemi Covid-19, pemilihan ketua OSI juga menjadi ajang untuk memberikan kesempatan siswa memanfaatkan IT dalam pelaksanaan kegiatan. Mulai dari kampanye yang dilaksankan di media sosial, pelaksanaan debat yang dapat diikuti virtual dan pemungutan suara secara e-voting.

“Pemiihan OSIS kali ini memang terasa berbeda, di tengah pandemi kami ingin memberikan ruang OSIS Blasman untuk berkreativitas dengan aman dan tak lupa kami ingin siswa mengembangkan keterampilan dibidang pemanfaatan teknologi. Pencoblosan yang biasa dilaksanakan secara langsung juga akan dilakukan melalui E-Voting pada tgl 18 Oktober 2020,” ungkapnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait