Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

5 Tempat di Bali Ini Jadi Lokasi Restorasi Terumbu Karang Indonesia

Husna Rahmayunita Senin, 12 Oktober 2020 | 20:39 WIB

5 Tempat di Bali Ini Jadi Lokasi Restorasi Terumbu Karang Indonesia
Petugas melakukan pengecekan terumbu karang di perairan Bangsring, Banyuwangi, Jawa Timur, Senin (21/9/2020). [ANTARA FOTO/Budi Candra Setya]

Kelimanya masuk dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Padat Karya melalui Taman Terumbu Karang Indonesia (ICRG).

SuaraBali.id - Sebanyak lima tempat di Bali terpilih menjadi lokasi restorasi terumbu karang di Indonesia. Salah satunya yakni Kabupaten Buleleng.

Buleleng terpilih bersama empat daerah lainnya di Pulau Dewata yakni Pantai Sanur, Pantai Nusa Dua, Pantai Pandawa, dan Pantai Seranga.

Kelimanya masuk dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Padat Karya melalui Taman Terumbu Karang Indonesia (ICRG) yang dicetuskan oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) serta Pemerintah Provinsi Bali.

Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Maritim Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Safri Burhanuddin menerangkan ICRG diperuntukkan bagi masyarakat yang terdampak langsung akibat pandemi Covid-19.

"Khususnya yang berhubungan dengan pariwisata bahari, mulai dari pemandu wisata, pemilik kios, dan hotel beserta pegawainya yang diPHK," ujarnya.

Ia yang meninjau langsung lokasi, menjelaskan terpilihnya Kabupaten Buleleng sebagai tempat restorasi karena telah banyak menerima penghargaan dalam bidang konservasi terumbu karang.

"Buleleng juga memiliki garis pantai terpanjang di Bali dan juga arus laut yang tenang, sehingga menjadi kelebihan dalam restorasi terumbu karang," sambungnya.

Safri Burhanuddin mengatakan Buleleng sudah terkenal dengan konservasi terumbu karangnya, sehingga lebih mudah untuk menjalankan program ini di Buleleng.

"Diharapkan ini akan berkembang lebih baik lagi, terumbu karang disini akan menjadi lebih banyak, dan tentu saja daerah yang menjadi tempat konservasi harus diawasi. Jangan sampai kita buat konservasi, tapi dirusak oleh masyarakat," katanya.

Terumbu karang. [Iflscience]
Terumbu karang. [Iflscience]

Untuk menciptakan konservasi terumbu karang yang berbeda, Safri Burhanuddin menuturkan pihaknya akan membuat terumbu karang yang unik.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait