Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Tiga Tips Sehat Menurut Ahli untuk Tingkatkan Kekebalan di Masa Pandemi

Arendya Nariswari Sabtu, 14 November 2020 | 08:00 WIB

Tiga Tips Sehat Menurut Ahli untuk Tingkatkan Kekebalan di Masa Pandemi
Ilustrasi peregangan. (Shutterstock)

Kekebalan tubuh harus di masa pandemi, simak tiga tips menurut ahli berikut ini.

SuaraBali.id - Kekebalan tubuh, menjadi salah satu aspek yang harus dijaga fungsinya di tengah pandemi virus corona Covid-19. Pola hidup sehat menjadi kunci kekebalan tubuh yang harus dilakukan. 

Beberapa waktu lalu, Medical Senior Manager PT Kalbe Farma Tbk, dr. Dedyanto Henky Saputra, M. Gizi membagikan tips bagaimana cara menjaga kekebalan tubuh di tengah pandemi

Dokter Dedyanto menyatakan bahwa menjaga kekebalan bisa DOA, yakni diet sehat, olahraga, dan aktifkan kebiasaan baik, berikut rinciannya:

1. Diet Sehat

Diet sehat atau pola makan sehat memang sudah menjadi hal yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

"Yang pertama adalah pastikan bahwa pada saat kita makan itu pilih sumber makanan yang beragam," ujar dokter Dedyanto dalam webinar bertajuk Diskusi Virtual Upaya Meningkatkan Imunitas di Tengah Pandemi Covid-19, Kamis (12/11/2020).

Menurut Dedy keberagaman makanan baiknya diisi dengan setengah piring sayur dan buah-buah, dua pertiga piring makanan pokok, dua pertiga lauk pauk.

"Makanan pokok sumber karbo, sumber energi, lauk pauk sumber protein dan lemak yakni sumber pembangun, sementara buah dan sayur jadi sumber vitamin," imbuhnya. Pola makan beragam ini juga harus dilengkapi dengan air minimal delapan gelas dan kurangi konsumsi makanan kalengan.

2. Olahraga

Dedy menyarankan untuk olahraga aerobik intensitas ringan dan berat bagi Anda yang punya banyak waktu. "Disarankan 150 menit per minggu," ujar Dedy.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait