Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Ketahui 5 Kebiasaan Aneh Buang Air Besar, Ternyata Ini Faktor Penyebabnya

Rima Sekarani Imamun Nissa | Shevinna Putti Anggraeni Rabu, 11 November 2020 | 13:52 WIB

Ketahui 5 Kebiasaan Aneh Buang Air Besar, Ternyata Ini Faktor Penyebabnya
Ilustrasi toilet dan kertas toilet. (Shutterstock)

Apakah kamu pernah mengalami beberapa hal yang menurutmu aneh saat buang air besar?

SuaraBali.id - Buang air besar termasuk rutinitas yang bisa dipakai sebagai salah satu indikator kondisi kesehatan tubuh. Setiap orang sangat mungkin memiliki kebiasaan tertentu terkait buang air besar.

Ada orang yang merasa lebih nyaman jika buang air besar sambil membaca buku. Ada juga yang terbiasa BAB pada pagi hari setelah bangun tidur atau malah malam hari sebelum istirahat malam.

Melansir dari The Healthy, inilah beberapa kebiasaan buruk buang air besar dan artinya.

Ilustrasi toilet (Unsplash)
Ilustrasi toilet (Unsplash)

1. Bangun malam hari untuk buang air besar

Neuron di usus dapat mengontrol kontraksi usus besar, yang mendorong keluarnya limbah, ritme sirkadian tubuh, serta jam internal yang membangunkan dan membuat kantuk di malam hari.

Pankaj J. Pasricha, MD, direktur neurogastroenterologi di Johns Hopkins Center for Neurogastroenterology, mengatakan kebanyakan orang tak ingin mengosongkan usus besarnya di tengah malam. Di sisi lain, kandung kemih bertindak sebagai reservoir untuk aliran urine yang terus-menerus diproduksi ginjal.

2. Minum kopi membuat buang air besar

Sekitar 30 persen orang merasakan dorongan untuk buang air besar setelah minum kopi di pagi hari. Sebab, kopi merangsang usus besar bagian distal yang mempercepat pembuangan limbah.

Menurut penelitian di Diseases of the Colon and Rectum dan European Journal of Sport Science, keasaman kopi mungkin menjadi faktor seseorang merasa ingin buang air besar. Asam chlorogenic dalam kopi bikin perut memproduksi lebih asam lambung.

3. Buang air besar membuat tubuh merinding

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait