Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Vegetarian Cenderung Punya Kepribadian Introvert, Ini Penyebabnya

Rima Sekarani Imamun Nissa | Fita Nofiana Senin, 05 Oktober 2020 | 08:10 WIB

Vegetarian Cenderung Punya Kepribadian Introvert, Ini Penyebabnya
Ilustrasi diet vegetarian. (Sumber: Shutterstock)

Mengapa orang dengan gaya hidup vegetarian cenderung dianggap introvert?

SuaraBali.id - Semakin banyak orang tertarik menjalani gaya hidup sehat ala vegetarian. Namun, benarkah jika mereka yang vegetarian cenderung punya kepribadian introvert?

Melansir dari Medicalxpress, sebuah studi yang diterbitkan di jurnal Nutrients menunjukkan bahwa orang dengan konsumsi makanan vegan mempunyai rata-rata indeks massa tubuh (IMT) dan berat badan lebih rendah. Gaya hidup vegetarian juga terkait dengan kepribadian introvert seseorang. 

Salah satu alasan vegetarian bisa lebih kurus mungkin karena proporsi makanan yang diproses lebih rendah dan memperbanyak konsumsi makanan nabati. 

"Produk yang sangat kaya lemak dan gula sangat menggemukkan. Produk itu merangsang nafsu makan dan menunda rasa kenyang. Kalau Anda menghindari makanan hewani, rata-rata mereka mengonsumsi lebih sedikit produk semacam itu," ungkap penulis utama studi tersebut, Evelyn Medawar.

Ilustrasi diet vegetarian. (Shutterstock)
Ilustrasi diet vegetarian. (Shutterstock)

Pola makan vegetarian juga disebut mengandung serat makanan dan memberikan efek positif pada mikrobioma di usus sehingga membuat kenyang lebih cepat.

"Karena itu, orang yang makan makanan nabati bakal menyerap lebih sedikit energi," tutur Medawar.

Para peneliti juga menemukan bahwa nutrisi vegetarian atau vegan berhubungan dengan kepribadian. Gaya hidup ini dikatakan berkaitan erat dengan salah satu dari lima faktor kepribadian utama, yaitu ekstroversi.

Peneliti menunjukkan bahwa mereka yang sebagian besar mengonsumsi makanan nabati dalam pola makannya lebih tertutup daripada orang-orang mereka yang lebih banyak mengonsumsi produk hewani. 

Ilustrasi vegetarian, salad sayur (Pixabay/Sponchia)
Ilustrasi vegetarian, salad sayur (Pixabay/Sponchia)

"Susah untuk mengatakan apa alasan tepatnya," ujar Veronica Witte dari Institut Max Planck untuk Kognitif Manusia dan Ilmu Otak yang terlibat dalam penelitian. 

Menurutnya, orang introvert cenderung lebih berhasil dan betah menganut pola makan vegetarian. Mereka yang vegetarian juga kerap terpisah secara sosial karena pola makan berbeda. 

"Bisa jadi karena orang yang lebih introvert cenderung punya kebiasaan makan yang lebih ketat atau karena mereka lebih terpisah secara sosial akibat kebiasaan makan mereka," kata dia kemudian. 

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait