Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

5 Cara Perawatan Rambut Alami dengan Kopi

Risna Halidi | Luthfi Khairul Fikri Jum'at, 25 September 2020 | 14:16 WIB

5 Cara Perawatan Rambut Alami dengan Kopi
Ilustrasi kopi. (Sumber: Shutterstock)

Ternyata, kopi memiliki manfaat untuk membuat rambut lebih sehat.

SuaraBali.id - Kopi memiliki manfaat untuk membuat rambut lebih sehat. Untuk Anda yang sedang mencari cara untuk meningkatkan pertumbuhan rambut akibat kerontokan, kopi bisa jadi salah satu solusinya!

Kopi merupakan bahan alami yang efektif untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. Berikut ini merupakan cara praktis menggunakan kopi seperti yang telah dilansir dari Boldsky, Kamis (23/09/2020):

1. Bilas rambut dengan kopi
Membilas rambut Anda dengan kopi diikuti dengan pijatan kepala dipercaya akan merangsang folikel rambut dan membantu meningkatkan pertumbuhan rambut. Hal yang Anda butuhkan hanya dua sendok makan kopi bubuk, dan satu cangkir air.

Cara penggunaan, seduh secangkir kopi kental dan sisihkan hingga dingin. Lalu keramas rambut seperti biasa dan peras kelebihan air dari rambut Anda, kemudian miringkan kepala Anda ke belakang dan tuangkan kopi yang sekarang dingin ke kulit kepala dan bagian rambut Anda.

Ilustrasi kopi (shutterstock)
Ilustrasi kopi (shutterstock)

Pijat kulit kepala selama tiga sampai lima menit, setelahnya tutupi rambut Anda dengan handuk dan dibiarkan selama 20-30 menit. Kemudian bilas rambut dengan air hangat dan biarkan rambut kering dengan sendirinya. Gunakan cara praktis ini dua sampai tiga kali seminggu untuk hasil yang diinginkan.

2. Gabungan kopi, minyak kelapa dan yogurt
Minyak kelapa memiliki manfaat untuk mengisi kembali protein yang hilang pada rambut dan menghidupkan kembali rambut yang rusak serta menutrisi folikel rambut. Sementara yogurt mengandung asam laktat yang secara lembut bekerja mengelupas kulit kepala mati. Folikel rambut yang baik dapat menyerap nutrisi lebih baik juga.

Ilustrasi minyak kelapa. (pixabay.com/@moho01)
Ilustrasi minyak kelapa. (pixabay.com/@moho01)

Hal yang Anda butuhkan hanya dua sendok makan bubuk kopi, dua sendok makan minyak kelapa, dan tiga sendok makan yogurt.

Gunakan mangkuk dan ambil bubuk kopi, lalu tambahkan minyak kelapa ke dalamnya dan aduk rata sampai halus bebas gumpalan. Setelah Anda mendapatkan konsistensi yang tepat, tambahkan yogurt ke dalamnya.

Aduk campuran sampai Anda mendapatkan pasta yang mengembang. Jika sudah, oleskan ke kulit kepala dan rambut kemudian tutup rambut dengan handuk agar tidak berantakan.

Biarkan masker menempel di rambut selama sekitar satu jam. Setelahnya cuci rambut secara menyeluruh menggunakan sampo yang lembut. Gunakan cara praktis ini dua sampai tiga kali seminggu untuk hasil yang diinginkan.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait